Plugin Wajib Untuk Blog WordPress

Dalam membangun sebuah blog yang berbasis WordPress, kinerja blog akan lebih maksimal jika dioptimasi dengan plugin yang tepat. Seperti blog adiarta ini yang masih terbilang baru, harus dilakukan pengaturan standar serta instalasi plugin yang diperlukan. Saya tidak akan membahas pengaturan di bagian dashboard wordpress karena saya yakin para blogger pemula yang baru membangun blog sangat mudah mendapatkan informasi perihal optimasi wordpress.

Setelah melakukan pengaturan di bagian settings dan appearance, maka alangkah baiknya menambah dan mengatur plugin untuk mendukung kinerja blog. Ada beberapa plugin yang menurut saya wajib digunakan pada blog wordpress. Plugin-plugin ini akan sangat berguna untuk mengatur postingan kita menjadi lebih reader friendly dan google friendly.

Akismet Anti-Spam

Akismet adalah plugin default yang akan anda temukan dalam paket WordPress. Akismet dirancang untuk memberikan perlindungan dari kontak dan komentar yang dianggap berpeluang menjadi spam. Sehingga komentar pada konten anda akan tetap aman jika di-tracking oleh google. Namun, anda perlu mengaktifkan akismet jika ingin mendapatkan proteksinya.

Untuk mengaktifkan Akismet, kita harus mempunyai Akismet API key. Salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan Akismet API key adalah dengan membuat akun di wordpress.com dan langkah ini pun gratis. Untuk langkah ini, kita akan mendapatkan Akismet dengan versi Basic. Jika anda ingin yang berbayar, tentu saja sangat bangus karena sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Untuk langkah detail bagaimana cara mendapatkan Akismet API key secara gratis tidak akan saya bahas di sini karena sudah banyak tutorialnya.

Yoast SEO

Yoast SEO diklaim sebagai plugin SEO terbaik. Hal ini bisa dilihat dari jumlah instalasi pada wordpress yang aktif mencapai lima juta lebih. Plugin optimasi SEO ini akan membantu blog anda untuk mendapatkan rangking yang lebih tinggi di mesin pencari.

Plugin Yoast SEO ada versi yang gratis dan versi premium. Untuk mendapatkan fitur optimasi SEO standar, anda bisa menggunakan yang versi gratis. Jika anda ingin membeli Yoast SEO Premium, anda akan disuguhkan fitur optimasi yang lebih lengkap. Yoast SEO juga menyediakan extensions yang bisa digunakan untuk optimasi konten yang lebih spesifik seperti Local SEO, Video SEO dan News SEO.

Plugin Yoast SEO sangat mudah digunakan. Setelah instalasi dan aktivasi, anda bisa segera melakukan pengaturan pada bagian general, search appearance, search console, social dan tools. Plugin ini akan membantu anda menganalisa kesesuaian konten dari segi struktur kalimat, panjang paragraf, transisi kata, dan hal-hal teknis lain yang berhubungan dengan penulisan konten. Fitur yang paling penting adalah analisa dan rekomendasi SEO serta kustomisasi snippet.

WP Sitemap Page

Plugin WP Sitemap Page berguna untuk menampilkan sitemap di page statis atau post sesuai pengaturan penulis. Format yang ditampilkan bisa beragam, dari sitemap tradisional hingga pilihan khusus yang menampilkan post, page, kategori, tag, archive, atau author saja. Implementasi plugin ini sangat mudah. Cukup menambahkan shortcode sesuai pilihan pada konten, maka sitemap akan otomatis ditampilkan.

Plugin ini dirancang untuk digunakan pada single page. Sitemap yang ditampilkan dibuat agar pembaca lebih mudah menelusuri rangkuman konten di blog anda. Namun, WP Sitemap Page tidak menyediakan fitur untuk membuat XML sitemap. Agar blog anda lebih mudah ditelusuri oleh mesin pencari, maka perlu dibuat XML sitemap. Anda bisa memanfaatkan Plugin Yoast SEO dengan mengaktifkannya di bagian features.

Smush Image Compression and Optimization

Jika blog anda penuh dengan gambar, maka anda wajib mengaktifkan plugin ini. Smush akan melakukan resize, optimize, optimise dan compress pada gallery yang diinsert di page atau post anda. Hal ini sangat berguna untuk membuat performa blog anda lebih cepat dan lebih mudah di-tracking oleh mesin pencari. Dan tentu saja anda bisa menikmati fitur ini dengan gratis.

Untuk di blog adiarta, saat ini saya cukup menggunakan empat plugin tersebut. Selain memakan banyak space hosting, pengunaan plugin yang berlebihan akan membuat kinerja blog menjadi menurun. Perlu diperhatikan untuk selalu bijak memilih plugin yang anda perlukan.

Plugin Wajib Untuk Blog WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top