About

Tentang Blog Belog Adiarta

Blog ini dikelola oleh Surya Adiarta. Untuk melihat profil penulis, Anda bisa berkunjung ke Surya Adiarta Portfolio.

“Belog” adalah bahasa daerah Bali yang berarti “bodoh” atau “lugu”. Saya menggunakan kata “belog” untuk menamai blog ini karena saya memang masih awam dalam dunia blogging. Saya tidak pandai merangkai kata-kata atau membuat narasi untuk menggambarkan apa yang akan saya sampaikan. Semoga para blogger yang kebetulan singgah di blog “belog” ini tidak bosan dan jenuh membaca artikel-artikel yang saya bagikan.

Sekitar tahun 2010, saya pernah membuat blog dengan domain utama yang sama yaitu “adiarta.com”. Namun karena kemampuan menulis yang terbatas serta kurangnya ide untuk membuat konten, blog tersebut menjadi terbengkalai. Sempat bertahan selama hampir 3 tahun, akhirnya langganan domain dan hosting tersebut tidak saya lanjutkan lagi, menghilang beserta kontennya. Setahun kemudian saya pun ingin mengaktifkan domain tersebut, namun sayang, sudah ada pihak lain yang mengakuisisinya. Perasaan menyesal sempat saya alami karena keinginan untuk mendapatkan nama domain unik tersebut tidak tercapai.

Pada akhir tahun 2017, akhirnya saya mendapatkan kembali domain “adiarta.com” ini. Namun tidak sempat saya kelola karena saya masih bingung, apa yang harus saya tulis. Saya terlalu khawatir tentang bahan apa yang akan saya sampaikan. Sehingga blog ini pun menjadi terbengkalai lagi. Ibarat sudah mempunyai alamat, namun tidak ada rumahnya. Blog ini pun kosong hanya ada namanya.

Akhirnya pada bulan Oktober 2019, saya berkomitmen untuk mengelola kembali domain hosting ini. Untuk dapur pacunya, blog belog adiarta ini dipersenjatai oleh mesin wordpress. Meskipun saat ini saya sedang belajar membuat website dengan framework CodeIgniter, tapi saya belum berani mengaplikasikannya di blog ini karena beberapa pertimbangan, salah satunya karena masalah keamanan sistem serta efisiensi tenaga dan waktu dalam proses pembuatannya.

WordPress sendiri mempunyai beberapa keunggulan. Kemudahan dalam instalasi, kustomisasi yang user friendly, ketersediaan plugin yang melimpah, dukungan update jangka panjang, dukungan SEO, pilihan tema sesuai selera dan fungsi, serta kelebihan lain yang menjadi pertimbangan saya memakai mesin ini.

Rencana awal tentang materi yang akan saya tulis dalam blog ini adalah tentang tanaman hias, karena saya hobi berkebun. Atau mungkin perihal wisata kuliner dan beberapa tempat wisata yang pernah saya kunjungi. Entahlah, mungkin nanti tidak berjalan sesuai ekspektasi. Melalui halaman about ini, secara perdana saya mencoba untuk belajar menulis. Semoga saya selalu bisa konsisten dalam menuangkan ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi para pembaca.

Scroll to top